MEnjELAjaH intERNet deNGAn aMAN

              Kalau kamu termasuk penggila internet, hati – hati ya. Maksdunya, berhati hatilah dengan uangmu. Jangan habiskan smeua uangmu di warnet atau internet kafe. Memang sih asyik banget berpetualangan di lorong – lorong internet. Rencananya cuma surfing dan chatting 2 jam, tau – tau kamu sudah duduk di depan komputer 6 jam! Wah, apa gak nombok ??
             Terus ada satu hal lagi yang harus diwaspadai. Internet itu diistilahkan orang sebagi dunia maya dan antah – berantah. Dan memang benar begitu. Kamu gak bias menjamin teman ngobrol kamu di chatroom benar – benar cowok seperti dia bilang, atau justru cewek. Kamu juga gak bias menjamin apa dia benar – benar seumur dengan kamu atau om – om iseng 40 tahunan. Ngeri kan ?? atau malah penipu yang mau menguras isi tabunganmu?
Supaya aman dari intaian orang – orang tak bertanggung jawab, baca dulu panduan yang gue kasih ini sebelum asyik ber-intenet.   
1. Ikuti instingmu
Kamu pasti suka mengklik situs – situs yang gak kamu kenal. Kalau asyik kamu bisa mengobrak – abrik situs baru itu sampai lupa waktu. Tapi pernah gak, begitu kamu mengklik halaman pertamanya saja hati kamu merasa gak enak. Ternyata memang benar, ada yang gak beres dengan situs itu. Mungkin saja situs itu khusus untuk orang dewasa. Kalu kamu nekat terus browsing, bias – bias kamu syok melihat isinya dan gak bisa tidur berhari – hari. Jadi, kalu suatu saat tanpa sengaja mengklik situs gak jelas, langsugn deh log off.
2. Jangan ungkapkan identitas pribadi
     Sebaiknya behati – hati dengan situs yang meminta kamu mengisi biodata lengkap. Periksa untuk      kepentingan apa kamu diminta memebrikan data – data pribadi. Apa perlu kamu emncantumkan alamat lengkapa dan email? Nomor rekening Bank ? nomor telepon rumah ? Sekali memberikan identitas pribadi, biasanya kamu akan “dikuntit”, paling tidak melalui email. Capek juga kan menerima kiriman spam yang gak berguna.
3. Jangan ragu bersikap tegas
    Kamu pasti pernah ketemu teman ngobrol di internet yang menyebalkan. Mungkin kata – katanya kasar, menyinggung perasaan, atau malah porno dan berbau SARA. Kslsu ketemu jenis kayak begini, sudahlah jangan ambil pusing. Ignore saja pesan – pesan yang dia kirim. Kalau kamu layani dengan makian dia malah senang. Diamkan saja.
4. Berhati – hatilah
    Ingatlah kalau email pribadi kamu bisa dengan mudah digandakan dan diteruskan pada banyak orang. Jadi kamu harus memastikan bahwa orang yang kamu kirim email tidak akan menyabarkannya tanpa ijin kamu. Ekstra hati – hati juga kalau kamu mau mengirim foto. Kamu gak mau kan rahasia kamu tersebar ke orang – orang yang gak kamu kenal ??
5. Chatting dengan aman
    Asyiknya chatting di internet tidak bisa ditandingi dengan aktivitas lain. Tapi jangan gara – gara keasyikan kamu jadi lupa segala –galanya. Misalnya nih temen chat kamu minta ketemuan di mall, kamu gak boleh terima ajakannya begitu saja. Yakin gak kalau dia tidak memberikan identitas dan foto palsu?? Kalaupun ingin bertemu ajak orangtua atau teman.

0 comments:

Posting Komentar

 

Welcome to My Site

met liat2 blog ryna yach, mudah2an bemanfaat biarpun isinya sederhana bgt

Kata Mutiara Ku Hari Ini

true love is love which only for two person and no place for the third person

Penghitung Pengunjung

© Grunge Theme Copyright by All About FahRyN | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks